Big Influences for the Better World

Mereka adalah mentari yang selalu bersinar, guru besar kehidupan, dan jejak mereka takkan luput oleh hembusan angin bahkan badai sekali pun
Follow their steps to the real life journey

HTML code

The Sparkling Sklodowska

Wednesday, November 2, 2011

Ini salah satu post di blog pertamaku :D Enjooy

Kali ini aku akan memberikan sedikit informasi yang kutahu tentang seorang tokoh dunia, beliau adalah Marie Curie.

Beliau lahir di Warsawa, Polandia, 7 November 1867 dengan nama Maria Sklodowska. Dibesarkan di Polandia, beliau harus dengan sembunyi-sembunyi mempelajari ilmu pengetahuan dengan bahasa negaranya sendiri karena pada saat itu Polandia dilanda krisis.

Sejak kecil, kemampuan beliau dalam ilmu pengetahuan sudah terlihat. Sampai-sampai beliau dapat membaca pelajaran kakaknya yang pada saat itu kakaknya sendiri mengalami kesulitan dalam membaca. Setelah mengetahui bakat anaknya, orang tua Marie menjauhkan Marie dari buku dan membiarkan Marie hanya bermain karena usia Marie masih terlalu muda untuk belajar.

Saat umurnya cukup, Marie pun bersekolah. Di sekolahnya, beliau terlihat paling menonjol di antara murid-murid lainnya. Setelah lulus dari sekolah menengah, Marie tidak langsung melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Beliau mengajar untuk membantu kondisi keuangan keluarganya. Bahkan, sebagian dari hasil beliau mengajar dipergunakan untuk biaya sekolah kakaknya di Perancis.

Setelah kakaknya lulus dan menjadi dokter, Marie berangkat ke Perancis untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di Universitas Sorbonne, Perancis. Beliau mengambil jurusan fisika. Lalu setelah lulus, beliau mengambil jurusan matematika. Saat pindah ke Perancis, beliau mengganti namanya menjadi Marie Sklodowska. Setelah menikah dengan seorang ilmuwan bernama Pierre Curie, beliau menganti namanya menjadi Marie Curie.

Marie dan suaminya mengadakan penelitian tentang zat radioaktif. Setelah kerja keras mereka, akhirnya mereka menemukan zat radium. Mereka pun mendapatkan penghargaan Nobel di bidang fisika pada tahun 1903 dan di bidang kimia pada tahun 1911. Namun, Marie Curie tidak ingin mendaftarkan penemuannya ke paten dikarenakan beliau memiliki prinsip yakni, “Ilmu pengetahuan adalah untuk umat manusia."

Semasa hidupnya, Marie telah mendedikasikan hidupnya untuk ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, beliau juga sangat mencintai tanah kelahirannya, Polandia. Sampai saat ini tidak ada ilmuwan wanita yang dapat menyamainya. Jasanya begitu besar terhadap ilmu pengetahuan, tetapi di sisi lain beliau tetap menjadi ibu yang baik bagi anak-anak dan rumah tangganya. Itulah yang membuatku sangat mengagumi beliau dan beliau adalah salah satu orang yang menjadi inspirasiku.

(Source: Orange & Blue)

4 comments:

Ananda said...

Trus nama 'Curie' itu dari mana?

Kania Atthaya Ulfa said...

Coba kamu baca ulang paragraf keempat. Di sana tertera jelas tentang nama 'Curie'.

Rian Wardana said...

ada sumber yang menyatakan bahwa beliau wafat karena terkena radiasi dari penelitiannya sendiri. apakah itu benar?

Kania Atthaya Ulfa said...

Iya, itu benar. Karena selama masa penelitiannya, Madam Curie tidak menggunakan pengamanan yang tepat. Beliau banyak terlalu dekat dengan zat radioaktif.

Post a Comment